Jumat, 07 Januari 2011

Beranda » Bagaimana Proses Tampilan di LCD, Diagram Display

Bagaimana Proses Tampilan di LCD, Diagram Display


Tampilan image, video, tulisan yang kita lihat pada LCD Laptop merupakan sebuah proses yang melibatkan beberapa komponen yang ada pada Laptop, saya harap dengan gambaran yang sederhana ini dapat memberikan pencerahan terhadap troubleshoot / problem tampilan video yang di alami


video

Video Cable Flexibel



Menyalurkan sinyal video display dari chip VGA pada mainboard menuju LCD screen, kabel ini dihubungkan dengan menggunakan konektor. Pada beberapa tipe, kabel ini juga menyuplai voltase / arus kepad inverter.

FL Inverter Board



Sebuah board kecil yang terletak dibagian bawah rangkaian LCD, inverter ini berfungsi untuk  mengkonversi low voltage DC power ke high voltage AC untuk menyalakan ‘lampu neon’ backlight bulb.  Jika inverter ini bermasalah maka lampu neon tidak nyala.

CCFL (backlight bulb).


Lampu neon ini memberikan cahaya kepada LCD. Ketika LCD tidak menampilkan apa-apa, jangan memvonis LCD yang rusak, bias saja lampu neonnya yang bermasalah.
Lid close switch. Merupakan switch LCD yang melindungi LCD ketika kita menutup Laptop sementara power tidak di Off kan, ada beberapa pilihan, standby, dan hibernate.


www.isunuklir.blogspot.com