Senin, 03 Januari 2011

Beranda » Problem Polytron 21 slim

Problem Polytron 21 slim

Polytron slim 21inch dengan HBT-01-01G eks gagal service teknisi.
Problem horisontal size menyempit kiri-kanan masing-masing kurang lebih 2 cm.



PEMERIKSAAN :

Tr horisontal sudah diganti dengan tipe lain
Kapasitor resonant yang bagian atas nampak bekas disolder (mungkin bekas diperiksa)
“Wah....rasanya bakal mendapat problem sulit ini !!!!”......pikir kami



TINDAKAN (1) :

Pertama cek tegangan B+ ....normal tidak ada masalah.
Analisa penyebab jatuh pada kapasitor resonant atas dan bawah nilai berubah (lihat gambar dibawah).
Langsung kami lepas kedua kapasitor tersebut. Coba ukur nilainya dengan kapasitor-meter....dan nampaknya tidak ada masalah semua.......wooooo....trus apa lagi ya.......
Kami cek data transistor pengganti dengan cara down-load dari “datasheet4u.com”. ternyata “spesifikasi arus” kurang jika digunakan untuk horisontal slim.
Maka tr horisontal langsung kami ganti dengan part nomor 2SC5296 ( .......hal ini berdasarkan pertimbangan juga digunakan oleh AKARI slim 21” atau China 29” )
Dan hasilnya gambar langsung.....OK bagus.....ditunggu 10 menit....dipegang pendingin horisontal......dingin-dingin saja.....aman......
.....tetapi ada sedikit keraguan.....apakah tr horisontal betul-betul akar penyebabnya ?????
Maka kami test running pesawat........................dan setelah melalui test dari pagi hingga jam 2 siang.........problem kembali kumat.......wah mikir lagi niii.......????







TINDAKAN (2)

Kecurigaan tetap jatuh pada kapasitor resonant atas dan bawah (lihat gambar diatas)
Iseng-iseng......kami ambil ESR-meter.
Kami cek kapasitor langsung in-sirkit tanpa melepas
Nilai kapasitor atas menunjukkan angka-7 dan kapasitor bawah menunjukkan angka-5 (.......maksud kami angka yang tertera pada vu-meter yang kami gunakan untuk membuat ESR-meter)
Kemudian kami ambil contoh kapasitor dengan nilai yang sama dengan kedua kapasitor diatas. Ternyata kapasitor bawah yang bagus menunjukkan angka-3.
Kesimpulan kami kapasitor bawah telah mengalami “penurunan nilai (makin kecil penunjukkan angka pada ESR-meter....maka berarti nilai kapasitor makin besar)
Selanjutnya kami lepas kapsitor bawah....dan kami cek lagi.....ternyata nilainya menunjukkan angka-3........lho........ini artinya nilai menjadi normal kembali......
Berpikir sejenak.......analisa kami pada TINDAKAN.1.....ketika kapasitor disolder untuk dilepas (...artinya kena panas)....maka mungkin kontak kaki-kakinya menjadi normal kembali sehingga nilainya kembali normal
Maka kami putuskan untuk langsung mengganti kapasitor bawah dengan yang bagus saja......
Coba running test.........hingga 2 hari.........dan hasilnya NO PROBLEM lagi........THANKS GOD



Catatan :

ESR-meter sebenarnya “bukan” berfungsi untuk mengukur “nilai kapsitor”
Tetapi pengalaman kami ESR meter dapat di-manfaatkan untuk memperkirakan kerusakan kapasitor milar dengan nilai 552 hingga 203 yang biasa dipasang pada kolektor tr horisontal out. Caranya dengan melihat simpangan jarum-meter dengan membandingkan antara kapasitor yang dicurigai rusak dengan kapasitor contoh yang masih bagus.

www.isunuklir.blogspot.com